#TUGAS 2 / KRITIK ARSITEKTUR / KHALIDA FEBRIANI 4TB03 / Kritik Fasad bangunan Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Bandung (ITB)



        Perpustakaan Pusat ITB berada di bagian utara dalam kawasan ITB. Bangunan megah ini dirancang oleh Ir. Slamet Wirasonjaya, dibangun pada tahun 1975 hingga pembangunanya selesai pada tahun 1987 dengan luas 9.000 meter persegi.

Yang paling menarik adalah fasad bangunan itu berupa tumpukan kotak atau tangga, nah itu sebenarnya bentuk tumpukan buku seperti rak buku. Rak buku atau tumpukan buku itu menjadi pilihan bentuk bangunan perpustakaan dalam menrancang dengan tema anaologi bentuk. Dilihat dari sisi utara atau selatan, bangunan ini meyerupai tumpukan buku-buku. Buku paling besar berada di paling bawah ditumpuk hingga ke atas dengan ukuran buku semakin kecil. Bentuk tumpukan buku itu yang menjadi ikonik dapat diartikan sebagai fungsi bangunan perpustakaan. 
Bagian pencahayaan itu bangunan memanjang dari utara hingga selatan membuat sisi timur barat dapat terekspos sinar matahari. Pintu masuk di bagian barat, terdapat teras yang biasa menjadi tempat berkumpul atau diskusi bagi mahasiswa, bagian pergola dari material fiberglass biru yang membentuk lengkungan kecil, pola yang berulang juga pada lengkungan atap seperti buku. Gedung perpustakaan ini juga terlihat mewakili gaya late modern movement, yang memperlihatkan kejelasan struktur, ide-ide inovatif, mengembangkan bentuk sederhana dan sebagian menggunakan bentuk plastis seperti kurva dan lengkung. Material fasad dan struktur umumnya beton dan eksplorasi material tersebut untuk menciptakan bentukan yang diharapkan. 



Comments

Popular posts from this blog

Masyarakat Pendesaan dan Masyarakat Perkotaan

IBD - MANUSIA DAN KEADILAN